Langsung ke konten utama

Membaca, Cinta untuk Perempuan yang Tidak Sempurna

Identitas buku

Cinta untuk Perempuan yang Tidak Sempurna

oleh Najelaa Shihab

Cetakan pertama Juli 2020

oleh penerbit Literati, Ciputat.

dengan 160 halaman

Aku membaca melalui aplikasi iPusnas


 Aku sudah jatuh cinta pada buku ini sejak di Kata Pengantar.

Kalau kalian mencari esai akademik, saya rasa buku ini tidak terlalu cocok, karena buku ini lebih cocok disebut curahan perasaan dari penulis atas pengalaman-pengalamannya.

Terbagi dalam 17 Chapter, dan sebelum masuk ke Chapter baru disajikan kutipan yang mungkin menggambarkan tersebut.

"Kebahagiaan dilengkapi oleh begitu banyak kelekatan hubungan. Tanpa pasangan tidak menghapus keberhasilan lain yang sudah diraih perempuan." -Halaman 25

Dalam Chapter 4, tulisan di dalamnya sangat kompleks. Menggambarkan peran seorang perempuan sebagai istri, menantu, ibu, sekaligus anak.

"Perempuan yang berkarya di luar rumah, bukan sekadar untuk mendapatkan uang, tetapi menjadi teladan; bukan hanya mendukung ekonomi, tetapi menjalankan hak asasi."

"Saya bukan saja percaya bahwa 'surga ada di telapak kaki ibu', tetapi juga percaya bahwa sebagai perempuan kita bisa saling memudahkan perjalanan menuju ke sana. Caranya, dengan saling menularkan kebiasaan bermakna di keluarga."


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melempar; terlempar

Siang yang diselingi angin sepoi-sepoi. Berjalan menyusuri jalan setapak, kemudian menaiki anak tangga. Aku sampai di atas, bersamaan pula dengan kamu yang keluar ruang laboratorium. Masih dengan kacamata minus dan jaket parka seperti biasanya. Itu pertama. Kedua kali di hari yang sama. Saat itu aku sedang duduk santai di ruang lab, bercanda dengan kawan. Kamu, memasuki ruangan, menjemput ransel di kursi belakang. Kemudian, ketiga kali. Aku hendak keluar lab, menyusuri lorong, ternyata kamu di sana. Berubah posisi dari jongkok menjadi berdiri. "Permisi, Mas," ucapku. Di lain hari, aku berjumpa denganmu yang memakai setelah rapi. Kemeja putih, celana hitam, sepatu hitam, lengkap dengan dasinya. Sewaktu aku lewat, kamu merubah posisi dari jongkok jadi berdiri. "Permisi, Mas." Selalu itu ucapku. "Permisi," ucap seseorang yang melewatiku. Aku tersadar. Memandang lagi lurus ke depan. Kemeja putih, celana hitam, sepatu hitam, lengkap dengan dasi (kali ini dasi k

Putus

Lupa. Sudah sampai mana cerita Jogja-jogja kita? Apakah tentang pertemuan di mini market dekat stasiun? Atau sudah sampai pada obrolan makan siang di trotoar malioboro? Atau malah sampai pada senja ketiga ketika aku memutuskan meninggalkanmu? Kamu jahat! Kau tahu itu. Kenapa kamu pergi? Aku takut melukaimu, Sebab, katamu aku jahat. Bodoh! Apalagi itu! Kau memang mengenalku dengan baik. Keras kepala! Sepertinya itu juga. Aku mau putus, ucapmu. Baiklah. Kau yang memutuskanku.  Kamu jahat! Aku tahu,  Kau sudah mengatakan itu tadi.

7 Days Writing Challenge - Day 2

Hari Ke - 2 ini tentang 5 binatang yang ingin aku pelihara di rumah. Nomor 1 : Adalah Sapi. Duuh mungkin ini bukan termasuk hewan peliharaan karena memang suka, tapi mungkin lebih ke kepentingan komersil. Tapi ya sudah lah, manusia juga harus bertahan hidup kan? Hal yang menyenangkan dari beternak sapi adalah melihat pertumbuhannya. Terlebih kalau itu adalah sabi betina, whoooa! Langsung jingkrak - jingkrak kamu kalau tahu saatnya ia kawin. Langsung kebayang dong kalo bentar lagi dapet sapi imut yang suka lari - larian? Nomor 2 : Aku nggak tahu apa di antara kalian ada yang minat buat punya hewan peliharaan ayam? Kebanyakan orang mungkin suka ayam pada fase masih piyik , alias baru menetas. Karena pada masa inilah ayam kelihatan lagi cantik - cantiknya dan bikin gemes. Tapi ya gitu, kalau udah gede jadi nggak semenarik dulu. Eits! tapi tunggu dulu. Beda ceritanya kalau kalian memilih ayam KT. Ia ( baca : ayam ) akan selalu tampak imut dam menggemaskan. Meskipun sudah berumu